Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Melalui Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 17 Malang
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui metode eksperimen pada materi kalor dan perubahan suhu di kelas VII-E SMP Negeri 17 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Malang sebanyak 29 orang. Objek dalam penelitian adalah kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui metode eksperimen. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis dan tes hasil belajar berupa soal uraian dan soal pilihan ganda.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa skor rata-rata tes berpikir kritis siklus I 79,53% dan siklus II 89,5% sedangkan skor rata-rata pratindakan tes hasil belajar siswa 69,31% skor rata-rata hasil belajar siswa pada sikus I 74,14% dan siklus II 84,83% skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran siklus I 76,33% dan siklus II 92,71% sedangkan ketuntasan belajar sebelum tindakan memiliki skor rata-rata 34,48% setelah dilakukan tindakan skor rata-rata ketuntasan belajar siswa pada siklus I menjadi 65,51% dan pada siklus II 86,20%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP Negeri 17 Malang.
2130092/SB/2019 | KKI 530 JEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain