Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Melalui Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Melalui Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 17 Malang

Elsy Yasinta Jelita - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui metode eksperimen pada materi kalor dan perubahan suhu di kelas VII-E SMP Negeri 17 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Malang sebanyak 29 orang. Objek dalam penelitian adalah kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui metode eksperimen. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis dan tes hasil belajar berupa soal uraian dan soal pilihan ganda.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa skor rata-rata tes berpikir kritis siklus I 79,53% dan siklus II 89,5% sedangkan skor rata-rata pratindakan tes hasil belajar siswa 69,31% skor rata-rata hasil belajar siswa pada sikus I 74,14% dan siklus II 84,83% skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran siklus I 76,33% dan siklus II 92,71% sedangkan ketuntasan belajar sebelum tindakan memiliki skor rata-rata 34,48% setelah dilakukan tindakan skor rata-rata ketuntasan belajar siswa pada siklus I menjadi 65,51% dan pada siklus II 86,20%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP Negeri 17 Malang.


Ketersediaan
2130092/SB/2019KKI 530 JEL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 JEL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 160 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Kemampuan Berpikir Kritis
Metode Eksperimen
Achievement Divisions (STAD)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik