Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningn (PBL) Berbasis Multipresentasi Terhadap Pengusaan Konsep Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningn (PBL) Berbasis Multipresentasi Terhadap Pengusaan Konsep Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa

Vellina Retno Armasita - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S,Si.,M.Si.,M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis multirepresentasi dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari sikap ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al Hidayah wajak semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 48 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest only control group design, dan menggunakan analisis data anova dua jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,018 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi adalah 82,92 dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) adalah 77,21. (2) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. Taraf signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi adalah 85,3 dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah 76,32. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari sikap ilmiah. Taraf signifikan yang diperoleh 0,682 > 0,05.


Ketersediaan
2130086/SB/2019KKI 530 ARM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ARM p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 178 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Sikap Ilmiah
Penguasaan Konsep
Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik