Electronic Resource
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kempuan Konitif Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Pakisaji
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMPN 2 Pakisaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental designs (nondesign). Bentuk pre-experimental designs (nondesigns) yang dipilih yaitu model one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Pakisaji sebanyak 4 kelas, dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan (treatment). Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data untuk kemampuan kognitif siswa dilakukan menggunakan paired sample t Test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest siswa. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pretest siswa sebesar 66,50 dan skor rata-rata posttest siswa sebesar 75,88.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang telah dilakukan maka kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMPN 2 Pakisaji, dengan signifikansi 0,002. Jadi, disarankan guru dapat menggunakan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebagai salah satu variasi model pembelajaran yang digunakan di kelas.
2130083/SB/2019 | KKI 510 MER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain