Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kempuan Konitif Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Pakisaji

Electronic Resource

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kempuan Konitif Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Pakisaji

Robertus Simson Mere - Nama Orang; Drs. Djoko Adi Susilo, M.Pd. - Nama Orang; Tri Candra Wulandari, M.Pd - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMPN 2 Pakisaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental designs (nondesign). Bentuk pre-experimental designs (nondesigns) yang dipilih yaitu model one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Pakisaji sebanyak 4 kelas, dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan (treatment). Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data untuk kemampuan kognitif siswa dilakukan menggunakan paired sample t Test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest siswa. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pretest siswa sebesar 66,50 dan skor rata-rata posttest siswa sebesar 75,88.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang telah dilakukan maka kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMPN 2 Pakisaji, dengan signifikansi 0,002. Jadi, disarankan guru dapat menggunakan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebagai salah satu variasi model pembelajaran yang digunakan di kelas.


Ketersediaan
2130083/SB/2019KKI 510 MER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 MER p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 85hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Kemampuan Kognitif Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik