Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Negeri 17 Malang

Novi Annilia - Nama Orang; Rosita Dwi Ferdiani, S.T., M.Pd. - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd. - Nama Orang;

Soal cerita matematika erat dengan kehidupan sehari-hari untuk dicari penyelesaiannya. Menyelesaikan soal cerita diperlukan kemampuan berfikir kreatif, ketelitian dan analisis masalah. Kemampuan berfikir kreatif peserta didik dapat dilihat dari bagaimana cara peserta didik menyelesaikan suatu masalah matematika dengan berbagai cara yang berbeda namun tidak jauh beda dengan cara pemecahan masalah yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan hasil observasi, masih banyak peserta didik yang berpatokan pada contoh yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa SMP Negeri 17 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta dikelas VII-C SMPN 17 Malang yang berjumlah 30 orang. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tes berfikir kreatif dan wawancara. Hasil tes berfikir kreatif dan wawancara mengacu pada indikator kemampuan berfikir kreatif, yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality).
Hasil penelitian dari tes berfikir kreatif yang dilakukan peserta didik diberi skor sesuai dengan rubrik penskoran untuk disesuaikan dengan kategori kemampuan berfikir kreatif peserta didik yakni baik, cukup, kurang, sangat kurang. Hasil tes tersebut akan diambil 2 subjek untuk mewakili masing-masing kategori dan setiap kategori akan diambil 1 peserta didik untuk dilakukan wawancara.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) peserta didik dengan kategori baik berjumlah 5 orang, (2) peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 8 orang, (3) peserta didik dengan kategori kurang berjumlah 11 orang, (4) peserta didik dengan kategori sangat kurang berjumlah 6 orang. Disarankan perlunya penerapan soal-soal cerita matematika untuk mengasah maupun mengembangkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik.


Ketersediaan
2130082/SB/2019KKI 510 ANN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ANN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 131 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kemampuan berfikir kreatif, soal cerita Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik