Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Replika Peta Budaya Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Kelas IV
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan media dalam pembelajaran tematik kurang optimal dan guru hanya berpedoman pada perangkat yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga lain. Oleh karena itu, peneliti berupaya mengembangkan media pembelajaran PATAYA dalam pembelajaran tematik kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran PATAYA dengan materi keanekaragaman budaya Indonesia dalam pembelajaran tematik untuk kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Thiangarajan, Semmel, dan Semmel. Ada empat tahap dalam penelitian namun, peneliti memodifikasi menjadi tiga tahap yang dilakukan dalam penelitian, yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define); (2) tahap perancangan (design); dan (3) tahap pengembangan (develop).
Berdasarkan pada tahap pengembangan melalui validasi, diperoleh bahwa media yang dikembangkan valid dengan ketercapaian validasi media 82% dan ketercapaian validasi materi 96,8%. Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran PATAYA positif dengan adanya peningkatan hasil uji coba produk di kelas IV SDN Bakalan Krajan 2 Kota Malang. Persentase uji coba terbatas mencapai 83,15% dan persentase uji coba lapangan mencapai 90,64%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran PATAYA dapat dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran tematik untuk kelas IV SD. Saran, yaitu: (1) Bagi siswa, dapat memudahkan siswa untuk belajar tematik secara mandiri hingga dapat meningkatkan pemahamannya terhadap materi keanekaragaman budaya di Indonesia; (2) Bagi guru, dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu menyampaikan materi saat pembelajaran tematik serta dapat meningkatkan keprofesionalan guru dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran tematik; dan (3) Bagi peneliti lain, dapat dijadikan referensi untuk penelitian dan pengembangan media-media pembelajaran selanjutnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik.
2130079/SB/2019 | KKI 372 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain