Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII-A SMP PGRI 01 Pakisaji Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII-A SMP PGRI 01 Pakisaji Malang

Hilgardis Nalvi - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M.Pd. - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S. Pd, M. Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan Hasil Observasi dan tes uraian yang diberikan guru ketika pembelajaran berlangsung dikelas VIII-A SMP PGRI 01 Pakisaji Malang, serta informasi yang diperoleh dari guru matapelajaran IPS dapat diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Keaktifan siswa masih kurang dari segi bertanya, tidak ikut serta dalam mencari informasi dan solusi ketika mengerjakan tugas kelompok. Melihat kondisi tersebut, maka perlu dilakukan
tindakan pada siklus II dengan tujuan memperbaiki kesalahan pada siklus I.
Model pembelajaran ini dilandasi oleh beberapa tahapan dalam proses pembelajaran diantaranya, perencanaan, tindakan, pengamatan, observasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 01 Pakisaji Malang dengan subjek penelitian kelas VIII-A yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan catatan temuan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentasi keaktifan belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 73,6% kategori aktif. Sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 85,98% kategori sangat aktif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Saran kepada guru SMP PGRI 01 Pakisaji Malang supaya menerapkan Model Pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2130072/SB/2019KKI 910 NAL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 NAL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xvi, 134 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keaktifan belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Cooperative Script (CP)
Hasil Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik