Electronic Resource
Pengaruh Media Topsi ( Topeng Kreasi ) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Ketrampilan (SBK) Siswa Kelas IV SDN Ampelgading 04 Kecamatan Tirtoyudo
Penelitian ini fokus membahas hasil penelitian melalui survei hasil belajar dengan menggunakan media TOPSI (Topeng Kreasi). Media TOPSI merupakan sebuah media topeng yang secara khusus dirancang oleh guru agar menarik siswa ketika proses pembelajaran seni budaya dan ketrampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media TOPSI (Topeng Kreasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Ampelgading 04 Kecamatan Tirtoyudo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya asosiatif dan metode penelitian menggunakan metode survei dengan populasi siswa kelas IV SDN Ampelgading 04 jumlah 42 siswa, 28 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi instrumen kuesioner kemudian peneliti menguji validitas dan reabilitas koesioner, uji prasyarat homogenitas dan normalitas. Analisis data menggunakan regresi sederhana.
Hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil data dari kuesioner berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan bantuan SPSS 16 For Windows mendapatkan output nilai t hitung = 6,065 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Media TOPSI (X) terhadap variabel Hasil belajar (Y) di SDN Ampelgading 04 Kecamatan Tirtoyudo.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media TOPSI. Pengaruh ini diperoleh dari pengumpulan data dengan menggunkan angket media TOPSI yang diuji dengan uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi sederhana. Pengaruh media TOPSI terhadap hasil belajar seni budaya dan ketrampil siswa kelas IV dalam penelitian ini sebesar 47,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Nilai ini diperoleh dari hasil survei kemudian data diolah dan dianalisis.
2130070/SB/2019 | KKI 372 WIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain