Electronic Resource
Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Penghasilan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang TP 2017/2018
Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dan yang dibahas dalam penelitian ini adalah dua faktor tersebut diantaranya faktor tingkat pendidikan orang tua dan penghasilan orang tua. hasil belajar siswa kelas VII Smpn 2 Malang masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII SMPN 2 Malang, (2) pengaruh pengahasilan orang tua terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII SMPN 2 Malang, (3) pengaruh tingkat pendidikan dan pengahasilan orang tua terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII SMPN 2 Malang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Malang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 320 siswa. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proposional Random Sampling, diperoleh sampel 76 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Jenis penelitiannya kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara tingkat pendidkan orang tua terhadpa hasil belajar diperoleh thitung=3.487, penghasilan orang tua diperoleh thitung sebesar=2.384 dan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua yang diperoleh dari fhitung sebesar=9.188.
2130063/SB/2019 | KKI 910 HAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain