Electronic Resource
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII Pada Materi Pengukuran
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan modul fisika berbasis Discovery Learning dengan materi Pengukuran, 2) Menganalisis keefektifan modul fisika berbasis Discovery Learning dengan materi Pengukuran sebagai upaya meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa, dan 3) Menganalisis efektifitas modul fisika berbasis Discovery Learning dengan materi Pengukuran dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi
Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk modul pembelajaran fisika dengan pendekatan model pengembangan Borg & Gall,
dengan 6 (lima) langkah utama yaitu, melakukankan analisis produk yang akan dikembangkan, pembuatan modul fisika, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk dan uji coba lapangan besar dan produk terakhir. Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru SMP kemudian diuji cobakan pada 10 siswa kelas VIIE dan seluruh siswa kelas VIIE dengan jumlah siswa 40 siswa SMPN 06 Singosari. Data dikumpulkan dengan angket skala 4. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk
berupa Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Pengukuran sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMPN 06 Singosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini secara keseluruhan layak sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru SMP dikategorikan baik (layak). Hasil analisis observasi akhir keterampilan proses sains dikategorikan sangat baik (SB) dan prestasi belajar siswa diketahui meningkat setelah menggunakan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Pengukuran.
2130052/SB/2019 | KKI 530 PAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain