Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN Kebonsari 3 Kota Malang
Pembelajaran matematika biasanya dianggap mata pelajaran yang sulit karena selalu berhubungan dengan angka, rumus dan berhitung. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 3 Kebonsari Kota Malang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kebonsari 3 Kota Malang yang berjumlah 60 siswa yang terbagi dalam kelas VA sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Uji instrumen dengan menggunakan tes dan lembar observasi.Teknik pengumpulan data berupa tes uraian untuk pre-test dan post-test. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t menggunakan SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 3 Kebonsari Kota Malang dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05. Jadi ada pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 3 Kebonsari Kota Malang. Guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting guna menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan
2130047/SB/2019 | KKI 372 AST p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain