Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatakan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pada Materi Gerak Melingkar Siswa SMK PGRI Singosari Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA diperoleh informasi bahwa masih ada anak yang kurang memperhatikan guru saat pelajaran berlangsung. Pembelajaran yang membosankan cenderung membuat siswa tidak semangat dalam mengikuti pelajaran karena guru cenderung menggunakan metode ceramah yang membuat tingkat berpikir kritis siswa kurang. Pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah salah satu model pembelajaran yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan, berpikir, berpasangan dan berbagi. Berpikir (Think), siswa diberi kesempatan untuk memikirkan materi berdasarkan eksperimen atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru berupa lembar kerja dan dilakukan secara individu. Berpasangan (Pair), setelah diorganisasikan dalam kelompok, siswa diarahkan untuk berdiskusi secara berpasangan mengenai hasil analisis individual. Berbagi (Share), setelah diskusi berpasangan siswa diarahkan untuk membagi hasil diskusi berpasangan kedalam kelompok masing-masing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan instrument berupa Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Soal pre-test, Lembar Soal Post-test dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis, uji prasyarat menggunakan uji normalitas, homogenitas. uji hipotesis menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian experiment. Populasi ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Malang tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil analisis dieproleh sebagai berikut: (1) Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol yang menggunakan model kenvensional sebesar 7,77. (2) Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen yang menggunakan model TPS sebesar 12,43. (3) adanya pengaruh yang signifikan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai sig adalah 0,000 < 0,05.
2130044/SB/2019 | KKI 530 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain