Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Electronic Resource

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Yosef Benediktus Rianleu - Nama Orang; Dr. Sri Hariyani, M.Pd. - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah, M.Si. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi dan informasi dari guru bidang studi matematika diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ulangan terakhir siswa masih banyak dibawah KKM. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih memegang peran utama dalam pembelajaran sedangkan siswa cenderung pasif sehingga berdampak pada prestasi belajar matematika siswa yang rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba melakukan perbaikan melalui penerapan suatu model pembelajaran yang melibatkan semua siswa aktif selama pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji pada materi menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa dari 66,66% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II dari total seluruh siswa dengan KKM 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji


Ketersediaan
2130032/SB/2019KKI 510 RIA m/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 RIA m/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 133hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Implementasi
soal cerita
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik