Electronic Resource
Studi Kasus Pembiasan Dalam Pembentukkan Nilai Karakter Religius Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar Islamic Global School Malang
Sumber permasalahan moralitas bangsa ini adalah terabaikannya pendidikan karakter. Sebagai upaya mengatasi merosotnya pendidikan di Indonesia, maka pendidikan karakter dirasa perlu dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter religius dan disiplin serta penghambatnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menghasilkan data deskriptif karena bermaksud mendalami dan menghayati suatu obyek. Pembahasan yang akan dikaji oleh peneliti dalam menyusun skripsi yaitu tentang studi kasus pembiasaan dalam pembentukan nilai karakter religius dan disiplin pada siswa Sekolah Dasar Islamic Global School Malang. Dalam teknik pengumpulan data, teknik yang dipakai yaitu triangulasi melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pembiasaan sholat berjamaah di awal waktu dan tahfidzul qur‟an mampu membentuk karakter religius dan disiplin siswa. Faktor penghambat dalam pembiasaan tersebut adalah kesadaran dari siswa, kurangnya kontrol dari orang tua, serta pengaruh dari teman, daya ingat setiap siswa tidak sama,
kurangnya kontrol dari orang tua, kurangnya sosok guru yang disegani, jam istirahat yang berbeda, kurang kondusifnya kelas karena kegaduhan siswa, pengaruh mainan gadget.
2130030/SB/2019 | KKI 372 MAU a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain