Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran Ips (Geografi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 2 Wagir.

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran Ips (Geografi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 2 Wagir.

Helena Bosko - Nama Orang; Ika Meviana, M.Pd. - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan Hasil Observasi dan tes uraian yang diberikan guru ketika pembelajaran berlangsung dikelas VIII B SMP Negeri 2 Wagir. Serta informasi yang diperoleh dari guru matapelajaran IPS dapat diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Keaktifan yang rendah disebabkan oleh: (1) siswa tidak memberikan pertanyaan ataupun pendapat pada saat guru memberikan kesempatan untuk bertanya, (2) siswa kurang antusias pada saat mencari kartu pasangan, (3) siswa jarang berargumen pada saat diskusi kelompok dan, (4) rasa keinginan siswa rendah, hal ini juga mempengaruhi hasil belajar yang rendah.
Model Index Card Match (ICM) para siswa dibagi dalam bentuk kelompok yang terdiri atas 3-4 orang yang berbeda-beda kemampuan, jenis kelamin, latar belakang etniknya. Guru menyampaikan pelajaran, lalu perwakilan dari setiap kelompok mencari pasangan kartu yang ada dikelompok lain begitupun sebaliknya. dimana pada saat itu mereka tidak diperbolehkan untuk saling membantu.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 2 Wagir Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 29 siswa yaitu 15 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan catatan temuan lapangan Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa yaitu 62% kategori cukup baik dan hasil belajar siswa yaitu 45%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai keaktifan belajar siswa yaitu 89% dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa 83% kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ICM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Saran kepada guru SMP Negeri 2
Wagir supaya menerapkan Model Pembelajaran ICM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2130029/SB/2019KKI 910 BOS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 BOS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 140hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Keaktifan
Skripsi
Index Card Match
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik