Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran Ips (Geografi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 2 Wagir.
Berdasarkan Hasil Observasi dan tes uraian yang diberikan guru ketika pembelajaran berlangsung dikelas VIII B SMP Negeri 2 Wagir. Serta informasi yang diperoleh dari guru matapelajaran IPS dapat diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Keaktifan yang rendah disebabkan oleh: (1) siswa tidak memberikan pertanyaan ataupun pendapat pada saat guru memberikan kesempatan untuk bertanya, (2) siswa kurang antusias pada saat mencari kartu pasangan, (3) siswa jarang berargumen pada saat diskusi kelompok dan, (4) rasa keinginan siswa rendah, hal ini juga mempengaruhi hasil belajar yang rendah.
Model Index Card Match (ICM) para siswa dibagi dalam bentuk kelompok yang terdiri atas 3-4 orang yang berbeda-beda kemampuan, jenis kelamin, latar belakang etniknya. Guru menyampaikan pelajaran, lalu perwakilan dari setiap kelompok mencari pasangan kartu yang ada dikelompok lain begitupun sebaliknya. dimana pada saat itu mereka tidak diperbolehkan untuk saling membantu.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 2 Wagir Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 29 siswa yaitu 15 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan catatan temuan lapangan Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa yaitu 62% kategori cukup baik dan hasil belajar siswa yaitu 45%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai keaktifan belajar siswa yaitu 89% dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa 83% kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ICM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Saran kepada guru SMP Negeri 2
Wagir supaya menerapkan Model Pembelajaran ICM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
2130029/SB/2019 | KKI 910 BOS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain