Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Siswa Kelas VII di SMP Kartika IV-9 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Children Learning in Science untuk menigkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan peneltian tindakan kelas dengan desain penelitian siklus I dan siklus II Penelitian dilaksanakan di SMP KARTIKA IV-9 Malang, semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang terpilih adalah kelas VII C. Data dianalisis dengan membandingkan hasil pada siklus 1 dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan prosentase yang didapat, pada sklus I sebesar 75,41% dan pada siklus II sebesar 89,58%. 2) terdapat peningkatan pada keaktifan siswa pada kelas VII C dengan perolehan pada siklus I sebesar 60,25% dan pada siklus II sebesar 78,41%.3) terdapat peningkatan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII C dengan prosentase nilai ulangan pra tindakan sebesar 66,67%,siklus I sebesar 68,23% dan siklus II sebesar 80%. Jika dilihat dari ketuntasan siswa keseluruhan pada pra tindakan sebesar 40,74%, siklus I sebesar 59,25% dan siklus II sebesar 85,18%
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa; (1) ada peningkatan model pembelajaran Children Learning in Science terhadap keaktifan siswa, (2) ada peningkatan model pembelajaran Children Learning in Science terhadap prestasi belajar; (3) ada pengarugi model pembelajaran Children Learning in Science terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa.
2130023/SB/2019 | KKI 530 ODU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain