Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan E-Rubric Untuk Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Kerja Ilmiah Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Pada Bandul Kelas X SMAN 6 Malang Tahun Ajaran 2017-2018
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan e-rubric terhadap efektifitas proses pembelajaran. 2) Mendeskripsikan kerja ilmiah siswa. 3) Mendeskripsikan efektifitas proses pembelajaran dalam menggunakan model pembelajaran inkuiri
berbantuan e-rubric dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian terdiri dari 4 pertemuan pada 2 kelas yang berbeda. Dua pertemuan pada kedua kelas ini yakni untuk membahas materi gerak harmonik sederhana (GHS) dan pengaruh massa benda,panjang tali terhadap gerak harmonik sederhana pada bandul yang mana pengaruh ini diketahui dengan melakukan praktikum, tahap 2 dengan 2 pertemuan untuk membahas materi perpindahan kalor secara konduksi. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 6 Malang, semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data diperoleh dari kualitas pelaksanaan pembelajaran dan kerja ilmiah siswa dan sumber data diperoleh dari guru/observer dan siswa serta teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, pedoman wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap pertemuan yang dilakukan peneliti untuk mengukur kerja ilmiah siswa menggunakan aplikasi e-rubric melalui percobaan pada praktikum pertama, dengan hasil analisis indikator kerja ilmiah siswa, hasil observasi manual kerja ilmiah siswa tanpa menggunakan e-rubric dan hasil analisis kerja ilmiah menggunakan e-rubric, dengan hasil : 1) menggunakan alat, 77.45%. 2) mengumpulka data, 85.29%. 3) menganalisis data, 87.25%. 4) menyimpulakan, 97.06%. 5) mengkomunikasikan, 72.55%. Pada praktikum kedua hasil analisis kerja ilmiah menggunakan e-rubric, diperoleh hasil: 1) menggunakan alat, 93.14%. 2) mengumpulka data, 92.16%. 3) menganalisis data, 93.14%. 4) menyimpulakan, 98.04%. 5) mengkomunikasikan, 73.53%. dapat dilihat bahwa ada peningkatan kerja ilmiah siswa pada praktikum pertama dan kedua menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan e-rubric
2130009/SB/2019 | KKI 530 BAG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain