Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Di SMP Kartika IV-9 Malang
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan untuk menyatakan gagasan maupun ide matematika baik dalam bentuk lisan, tulisan, diagaram, gambar, menyatakan dalam bentuk aljabar, dan menggunakan simbol matematika secara tepat. Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui penerapan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah model pembelajaran yang dilakukan secara bersiklus dengan 5 tahapan yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMP Kartika IV-9 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VII D sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 31 peserta didik. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan metode Nonequivalent control group design. Analisis data dalam penelitian berupa pengujian instrumen penelitian yang terdiri dari validasi instrumen dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Pegujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah 61,49 dan peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 39,39. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMP Kartika IV-9 Malang. Saran bagi guru matematika untuk menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E sebagai salah satu model pembelajaran alternatif agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan mengenai model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk menggunakan materi yang berbeda ataupun dengan menggunakan media agar lebih mengetahui keefektifan pengguanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada pembelajaran matematika.
2130005/SB/2019 | KKI 510 WUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain