Electronic Resource
Analisis Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Di SDN Bakalan Krajan 2 Malang
Pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan fondasi utama bagi pembangunan bangsa. Indonesia menghadapi kondisi degradasi moral, etika, dan budi pekerti terlihat dari ketimpangan hasil pendidikannya. Upaya penguatan pendidikan karakter tertuang dalam Nawacita melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dimaklumatkan Presiden Joko Widodo. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter secara bertahap. Salah satu sekolah dasar yang mengimplementasikan PPK di Kota Malang adalah SDN Bakalan Krajan 2 Malang. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pelaksanaan PPK pada kelas IV dan V di SDN Bakalan Krajan 2 Malang.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan guru kelas V serta peserta didik kelas IV dan V SDN Bakalan Krajan 2 Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PPK di SDN Bakalan Krajan 2 Malang Malang dibagi menjadi 3 jalur yaitu kegiatan pembelajaran, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaanya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sekolah. Karakter yang di bentuk sesuai dengan 5 nilai utama karakter PPK meliputi karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas. SDN Bakalan Krajan 2 Malang masih menghadapi kendala dalam proses pelaksanaan PPK. Kendala tersebut berupa sarana dan prasarana yang kurang memadai dan berpengaruh bagi terselenggaranya pelaksanaan PPK.
2129985/SB/2019 | KKI 372 MAU a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain