Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Berbasis Multipresentasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa, ada interaksi antara pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan, kemampuan pemecahan masalah fisika untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan pemecahan masalah fisika untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang belajar melalui Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi lebih tinggi dari siswa yang secara konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas VIII C sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Lawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar melalui Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi lebih tinggi dari siswa yang belajar secara konvensional dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, (2) tidak ada interaksi antara pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan taraf signifikan 0,605 > 0,05, (3) kemampuan pemecahan masalah fisika untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang belajar melalui Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi lebih tinggi dari siswa yang belajar secara konvensional dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05, (4) kemampuan pemecahan masalah fisika untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang belajar melalui Brain Based Learning (BBL) berbasis multirepresentasi lebih tinggi dari siswa yang belajar secara konvensional dengan taraf signifikan 0,004 > 0,05.
2129962/SB/2019 | KKI 530 KAK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain