Electronic Resource
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi barisan dan deret aritmatika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang yang berjumlah 22 siswa. Desain penelitian rindakan kelas ini yaitu menyususn rencana tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan (Observing). Refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan dalam 6 pertemuan, siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas peneliti, lembar aktivitas siswa, catatan lapangan, angket motivasi siswa, dan soal tes. Untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan data yang terkumpul, dilakukan pengecekkan keabsahan data, dengan triangulasi, ketekunan pengamat dan pengecekkan teman sejawat.
Hasil pembelajaran pada materi barisan dan deret aritmatika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yaitu Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata – rata adalah 73,45 dan presentase ketuntasan belajar adalah 45,45%, maka pada siklus II meningkat menjadi 92,54 untuk nilai rata – rata dan presentase ketuntasan belajar adalah 100% dan Motivasi belajar siswa dalam presentase siklus I adalah 62,63%, meningkat di siklus II adalah 81,98%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menghasilkan hasil belajar matematika siswa yang lebih baik daripada metode ceramah pada siswa kelas X IPS untuk materi barisan dan deret aritmatika. (2) motivasi belajar matematika siswa kelas X IPS semakin meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
2129925/SB/2019 | KKI 510 BAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain