Electronic Resource
Pengaruh Strategi Penerapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Koperasi Mahasiswa Unikama)
Kebutuhan masyarakat umum dan juga mahasiswa yang semakin meningkat menyebabkan mereka untuk memilih tempat berbelanja kebutuhan sehari hari yang terjangkau dan murah. Peluang besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga mahasiswa akan berbagai jenis produk yang ditawarkan. Ada pula konsumen membeli produk berdasarkan kebutuhan sehari hari dan tidak sedikit konsumen yang membeli berbagai produk secara spontanitas. Demi mempertahankan citra positif dalam diri konsumen, maka usaha ritel terus mempertahankan keterjangkauan harga dan kualitas pelayanan yang mereka miliki, serta melakukan proses inovasi dan pengembangan berbagai jenis produk untuk melengkapi isi toko.
Penelitian ini menggunakan metode purpossive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 120 orang dari populasi konsumen Koperasi Mahasiswa
Unikama. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian mendapatkan bahwa hasil regresi sebagai berikut: Berdasarkan analisis data statistik, item-item dalam penelitian ini bersifat valid dan reliable. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas dan multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan terdistribusi normal. Variabel yang paling besar yaitu variabel kualitas pelayanan sebesar 0,618,
sedangkan variabel yang paling kecil yaitu harga sebesar 0,161. Y = 9,891 + 0,161X1 + 0,180X2 + 2,485 Dari hasil analisis regresi berganda pada alpha sebesar 5% diperoleh Ftabel sebesar 3,920 sedangkan Fhitung sebesar 11,723 sehingga dari perhitungan dapat diketahui bahwa Fhitung ≥ Ftabel, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Variabel Harga (X1) menunjukkan nilai signifikan t sebesar 0,034 ≤ 0,05 berarti ada pengaruh dari variabel harga terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H0 di tolak. Variablel Kualitas
Pelayanan (X2) menunjukkan nilai signifikan t sebesar 0,002 ≤ 0,05 berarti ada pengaruh dari variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H3 diterima dan H0 di tolak.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa seluruh variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Hasil analisis dari masing-masing variabel Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen menunjukkan nilai korelasi yang signifikan, dari semua item pertanyaan seluruhnya valid, sehingga bisa digunakan sebagai alat pengumpulan data penelitian ini
2129906/SB/2019 | KKI 658 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain