Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Couse Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Hubungan Sosial Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 2 Wagir Tahun Pelajaran 2017/2018
Berdasarkan hasil observasi dan tes yang diberikan guru selama proses belajar mengajar di kelas serta wawancara dengan guru IPS diketahui bahwa keaktifan rendah yaitu 22,22% dan hasil belajar 25,92% dikategorikan rendah. Sehingga diperlukan suatu perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Course Review Horay yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-F pada materi hubungan sosial.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) model Kemmis dan Taggart dan dilaksanakan dikelas VIII-F SMP Negeri 2 Wagir tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 27 siswa yaitu 19 laki-laki dan 8 perampuan. Instrumen yang digunakan antara lain: lembar observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa di kelas dalam proses pembelajaran yaitu 71,59% dengan kategori aktif dan hasil belajar siswa yaitu 51,85% kategori rendah. Sedangkan siklus II nilai rata-rata keaktifan yaitu 92,79% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa yaitu 90,20% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
2129880/SB/2019 | KKI 910 GEG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain