Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Couse Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Hubungan Sosial Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 2 Wagir Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Couse Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Hubungan Sosial Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 2 Wagir Tahun Pelajaran 2017/2018

Editheresa Gego - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Rofi’ul Huda M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi dan tes yang diberikan guru selama proses belajar mengajar di kelas serta wawancara dengan guru IPS diketahui bahwa keaktifan rendah yaitu 22,22% dan hasil belajar 25,92% dikategorikan rendah. Sehingga diperlukan suatu perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Course Review Horay yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-F pada materi hubungan sosial.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) model Kemmis dan Taggart dan dilaksanakan dikelas VIII-F SMP Negeri 2 Wagir tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 27 siswa yaitu 19 laki-laki dan 8 perampuan. Instrumen yang digunakan antara lain: lembar observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa di kelas dalam proses pembelajaran yaitu 71,59% dengan kategori aktif dan hasil belajar siswa yaitu 51,85% kategori rendah. Sedangkan siklus II nilai rata-rata keaktifan yaitu 92,79% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa yaitu 90,20% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2129880/SB/2019KKI 910 GEG p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 GEG p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 154 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Keaktifan
Skripsi
Model pembelajaran course review horay
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik