Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Bongkar Pasang Bangun Ruang Untuk Materi Ciri - Ciri Bangun Pada Kelas 2 Di SD Islamic Global School Malang
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bongkar pasang bangun ruang yang layak, praktis, dan efektif untuk materi ciri-ciri bangun ruang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi kelayakan ahli media, lembar validasi kelayakan ahli materi, angket respon kepraktisan guru, angket respon kepraktisan siswa, dan tes. Media pembelajaran bongkar pasang bangun ruang diuji cobakan pada kelas 2D di SD Islamic Global School Malang.
Hasil penelitian menunjukkan prosentase skor validasi kelayakan gabungan sebesar 86,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk menunjukkan prosentase skor respon kepraktisan gabungan oleh guru dan siswa sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes menunjukkan rata-rata Tingkat Penguasaan Siswa (TPS) sebesar 88 dengan kriteria tinggi yang berarti pembelajaran dapat berjalan efektif. Media ini dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif media pada pembelajaran ciri-ciri bangun ruang serta dapat digunakan sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya bongkar pasang bangun ruang
2129875/SB/2018 | KKI 372 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain