Electronic Resource
Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elim Malang
Kepercayaan diri merupakan modal dasar untuk mengembangkan kemampuan dalam diri, dengan percaya diri seseorang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh setiap siswa dimana aspek kepercayaan diri mempengaruhi dalam setiap proses belajar baik
belajar di dalam kelas, dirumah, maupun disekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Kristen Elim Malang setelah mengikuti bimbingan kelompok. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre Eksperimental Design dengan menggunakan one group pre-test and post test design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan mengukur tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Kristen Elim dengan menggunakan teknik purposive random sampling atau pengambilan sampel acak (berdasarkan tujuan dan secara acak). Instrumen penelitian menggunakan skala kepercayaan diri yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Sedang kan teknik analisis data yang digunakan adalah statistic nonparametric dengan rumusWilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa sig.(2-tailed) 0,012 < 0,05 artinya layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Kristen Elim Malang, dan siswa mengalami perubahan yang signifikan yaitu tingkat kepercayaan dirinya meningkat. Penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi peneliti yang lain dalam melakukan penelitian serupa yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan menggunakan treatment yang berbeda dan subjek yang berbeda pula.
2129874/SB/2018 | KKI 371.4 KRI s/p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain