Electronic Resource
Perbedaan Model Pembelajaran Make A Match Dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gondanglegi Wetan Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas V SD Negeri 1 Gondanglegi Wetan Kabupaten Malang. Pembelajarannya masih menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran tersebut tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan sendiri pengetahuannya. sehingga kualitas belajar siswa juga tidak optimal. Maka model pembelajaran yang digunakan pembelajaran Make A Match dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Exsperimen dengan Pre-Test– post-test control Graup Design. Populasinya yaitu 62 siswa kelas V SD Negeri 1 Gondanglegi Wetan Kabupaten Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 31 dan kontrol sebanyak 31 siswa jumlah seluruh siswa ada 62 siswa. Instrumen penelitian menggunakan test berupa pre-test dan post-test. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji T.
Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh kelas eksperimen 1 menggunakan model konvensional dan model make a match signifikan pre-test sebesar 0,257 dan signifikan post-test menggunakan uji T sebesar 0,000, kelas eksperimen 2 menggunakan model konvensional dan model numbered heads together signifikan pre-test sebesar 0,547 dan signifikan post-test menggunakan uji T sebesar 0,000 dan model pembelajaran make a match dan numbered heads together signifikan pre-test menggunakan uji T sebesar 0,016 dan signifikan post- test menggunakan uji T sebesar 0,034. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan model pembelajaran sama-sama efektif terhadap hasil belajar IPA. Akan tetapi, jika model Make A Match dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together, dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan dengan model MAM pada materi yang sama
| 2129870/SB/2018 | KKI 372 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain