Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Make A Match Dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gondanglegi Wetan Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang

Electronic Resource

Perbedaan Model Pembelajaran Make A Match Dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gondanglegi Wetan Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang

Mimin Onita Agustin - Nama Orang; Nury Yuniasih, S.Pd. - Nama Orang; Ratih Kartika W, M.Pd. - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas V SD Negeri 1 Gondanglegi Wetan Kabupaten Malang. Pembelajarannya masih menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran tersebut tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan sendiri pengetahuannya. sehingga kualitas belajar siswa juga tidak optimal. Maka model pembelajaran yang digunakan pembelajaran Make A Match dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Exsperimen dengan Pre-Test– post-test control Graup Design. Populasinya yaitu 62 siswa kelas V SD Negeri 1 Gondanglegi Wetan Kabupaten Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 31 dan kontrol sebanyak 31 siswa jumlah seluruh siswa ada 62 siswa. Instrumen penelitian menggunakan test berupa pre-test dan post-test. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji T.
Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh kelas eksperimen 1 menggunakan model konvensional dan model make a match signifikan pre-test sebesar 0,257 dan signifikan post-test menggunakan uji T sebesar 0,000, kelas eksperimen 2 menggunakan model konvensional dan model numbered heads together signifikan pre-test sebesar 0,547 dan signifikan post-test menggunakan uji T sebesar 0,000 dan model pembelajaran make a match dan numbered heads together signifikan pre-test menggunakan uji T sebesar 0,016 dan signifikan post- test menggunakan uji T sebesar 0,034. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan model pembelajaran sama-sama efektif terhadap hasil belajar IPA. Akan tetapi, jika model Make A Match dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together, dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan dengan model MAM pada materi yang sama


Ketersediaan
2129870/SB/2018KKI 372 AGU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 AGU p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 152 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Numbered Heads Together
Skripsi
Make a Match
Hasil Belajar IPA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik