Electronic Resource
Meningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Outing Class Pada Anak Didik Kelompok A di TK Gerbang Indah Gadang Malang
Kemandirian merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki setiap individu dan anak yang mempunyai konsep diri, penghargaan terhadap diri sendiri dan mengatur diri sendiri. Proses kegiatan belajar mengajar pada anak didik harus dilakukan secara menyenangkan dalam setiap pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan anak didik kelompok A TK Gerbang Indah Gadang Malang, menunjukan dari 15 anak hanya 4 anak (31%) yang mampu mengerjakan tugas secara mandiri 8 anak (60%) anak mengerjakan tugas dengan bantuan guru. Kegiatan Outing Class adalah salah satu bentuk pembelajaran yang dapat mendukung anak bertindak aktif dan membantu anak mengembangkan keterampilan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui langkah-langkah meningkatkan kemandirian melalui kegiatan Outing Class pada anak didik kelompok A TK Gerbang Indah Gadang Malang, (2) untuk mengetahui kegiatan Outing Class dapat meningkatkan kemandirian pada anak didik kelompok A TK Gerbang Indah Gadang Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Gerbang Indah Gadang Malang yang berjumlah 15 anak.
Hasil analisis pada siklus I pertemuan pertama sebesar 43,35%, dan pertemuan kedua sebesar 62,5%. Siklus II pertemuan pertama sebesar 74,15% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 78,35%. Hasil pada siklus I dan II menunjukan presentase ketuntasan lebih besar dari 78,35%
Kesimpulan penelitian ini penerapan kegiatan Outing class dapat meningkatkan kemandirian dan memberikan kesempatan pada anak didik untuk mendapatkan pengalaman bermakna sebagai bekal kemampuan hidup yang penting dikemudian hari dan menanamkan dalam diri anak sikap kemandirian. Bagi guru kegiatan Outing class sebagai bahan refrensi untuk menentukan strategi yang dapat dipakai dalam meningkatkan kemandirian anak didik. Bagi sekolah dan lembaga untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan pembelajaran bagi guru melalalui penggunaan strategi pembelajaran yang tepat. Sedangkan bagi peneliti lainnya sebagai salah satu sumber pengetahuan untuk mengembangkan penyusunan penelitian selanjutnya.
| 2129856/SB/2018 | KKI 372 SEM m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain