Electronic Resource
Penggunaan Permainan Lego Konstuksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kelompok A Ditaman Kanak Kanak ABA 2 Malang
Berdasarkan pengamatan awal di Kelompok A2 TK.ABA 2 Lawang yang berjumlah 25 siswa, kreativitas siswa masih perlu ditingkatkan. Dari jumlah siswa yang ada di dalam kelas, terdapat 15 anak yang pada saat menyusun pola, anak-anak masih terlihat menyusun dengan pola terbalik pada saat ditempel belum sesuai dengan tempat yang disediakan. Kemudian pada saat menggambar, anak-anak masih ada yang meniru gambar milik teman yang lain dan mewarnainya sama persis dengan temannya.
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan permainan Lego konstruksi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus kelompok A2 di TK ABA 2 Lawang.
Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru kelas, dan peneliti. Mahasiswa sebagai peneliti dan guru kelas sebagai kolaborator yang sekaligus mengajar di dalam kelas. Kolaborator diwujudkan untuk menyamakan pemahaman, kesepakatan tentang permasalahan, pengambilan keputusan, dan melahirkan kesamaan tindakan (action) bertujuan untuk meningkatkan keaktivan dan meningkatkan motorik halus.
Untuk mengetahui peningkatan motorik halus pada anak melalui kegiatan permainan konstruktif, kegiatan awal yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan motorik halus anak adalah dengan cara observasi terhadap anak pada saat anak melakukan kegiatan.
Pembelajaran dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator keberhasilan awal yaitu di atas 76% dari jumlah total 28 anak. Kegiatan permainan lego yang dilakukan di TK.ABA 2 lawang dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyesuaikan dengan usia anak Taman Kanak-kanak, yakni anak membuat bentuk sesuai dengan benda yang dilihatnya dan sesuai dengan idenya sendiri.
Oleh karena itu, menjadi motivasi bagi peneliti selanjutnya untuk melengkapi penelitian ini dengan menggunakan media lain yang lebih bervariasi dalam permainan konstruktif serta menciptakan kegiatan yang lebih menarik sehingga lebih meningkatkan motorik halus anak.
2129854/SB/2018 | KKI 372 AST p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain