Text
Pengaruh Penggunaan Media Foto Terhadap Kemampuan Bercerita Pengalaman Pada Anak Usia Dini Usia 3 - 4 Tahun Di Pos Paud Kasih IbuMergosono Kota Malang
Penggunaan media dalam bercerita akan mendukung kemampuan anak dalam bercerita. Kegiatan bercerita pengalaman anak usia dini terkadang masih kurang maksimal salah satu penyebabnya adalah karena dalam kegiatan tersebut anak tidak membawa media pendukung dalam bercerita pengalamannya. Media foto dapat menjadi alternatif dalam kegiatan bercerita pengalaman. Media foto yang digunakan adalah media foto milik anak sendiri. Karena dengan menggunakan media yang dibawa sendiri oleh anak, mereka dengan mudah bercerita pengalaman apa yang sedang dilakukan di media foto tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media foto terhadap kemampuan bercerita pengalaman anak usia dini usia 3-4 tahun di Pos PAUD Kasih Ibu Mergosono Kota Malang.
Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Postest Design dengan subyek sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki . Subyek tersebut adalah anak didik dari kelas B usia 3-4 Tahun di Pos PAUD Kasih Ibu Mergosono Kota Malang.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media foto terhadap kemampuan bercerita pengalaman anak usia 3-4 tahun di Pos PAUD Kasih Ibu Mergosono Kota Malang. Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-z memiliki signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (sig 0,000 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak.Berdasarkan analisis hipotesis bahwa media foto berpengaruh terhadap kemampuan bercerita pengalaman anak di Pos PAUD Kasih Ibu Mergosono Kota Malang.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media foto berpengaruh dalam kegiatan bercerita pengalaman karena media ini adalah milik anak sendiri sehingga anak akan merasa nyaman dan tanpa beban dalam bercerita pengalamannya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meningkatkan kreativitas terutama dalam hal media untuk bercerita. Selain itu, diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengadaan pembelajaran yang menyenangkan pada kegiatan bercerita dan agar media yang digunakan dalam kegiatan bercerita pengalaman lebih inovatif .
2129849/SB/2018 | KKI 672 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain