Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Strategi Coping Stres pada Anak Usia Dini di PAUD Alsha Wagir Kabupaten Malang

Electronic Resource

Strategi Coping Stres pada Anak Usia Dini di PAUD Alsha Wagir Kabupaten Malang

Evi Wulandari - Nama Orang; Henni Anggraini , M.Psi. - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M. Pd - Nama Orang;

Pada awal masuk sekolah, beberapa anak akan mengalami stres (kecemasan) dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Copingstres anak adalah kemampuan kognitif dan sosioemosional yang dimiliki anak berupa seperangkat keterampilan (skills) yang efektif untuk mengatasi dan mengantisipasi stres dan gejalanya. Berawal dari itulah timbul pertanyaan bagaimana strategi copingstres pembelajaran pada anak usia dini di PAUD ALSHA, Wagir, kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana strategi copingstres pembelajaran pada anak usia dini di Paud Alsha, Wagir, kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua anak yang memiliki gejala dan bentuk stres serta strategi coping untuk mengatasi stresnya tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua partisipan mengalami stres pada saat proses pembelajaran di awal mereka bersekolah. Gejala fisiologis yang diperlihatkan kedua partisipan adalah perubahan raut wajah, menangis, berteriak, gugup, intensitas kencing yang meningkat dan menyakiti orang lain. Sedangkan gejala psikologis yang diperlihatkan kedua partisipan adalah ada rasa takut, kurang konsentrasi dan hipersensitivitas. Bentuk strategi coping kedua partisipanberbeda dalam mengatasi stres pembelajaran ketika di sekolah. Partisipan 1 (Na) menggunakan strategi Problem Focused Coping (strategi dengan cara menyelesaikan masalah yang dihadapi, sehingga individu segera terbebas dari masalahnya tersebut. dalam mengatasi stres pembelajaran). Sedangkan Ma menggunakan strategi Problem focused coping (strategi ini untuk meredakan emosi individu yang ditimbulkan oleh stressor (sumber stres), tanpa berusaha untuk mengubah suatu situasi yang menjadi sumber stres secara langsung).


Ketersediaan
2129847/SB/2018KKI 372 WUL s/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WUL s/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 118 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
anak usia dini
Skripsi
Stres Anak
Strategi Coping
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik