Electronic Resource
Strategi Coping Stres pada Anak Usia Dini di PAUD Alsha Wagir Kabupaten Malang
Pada awal masuk sekolah, beberapa anak akan mengalami stres (kecemasan) dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Copingstres anak adalah kemampuan kognitif dan sosioemosional yang dimiliki anak berupa seperangkat keterampilan (skills) yang efektif untuk mengatasi dan mengantisipasi stres dan gejalanya. Berawal dari itulah timbul pertanyaan bagaimana strategi copingstres pembelajaran pada anak usia dini di PAUD ALSHA, Wagir, kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana strategi copingstres pembelajaran pada anak usia dini di Paud Alsha, Wagir, kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua anak yang memiliki gejala dan bentuk stres serta strategi coping untuk mengatasi stresnya tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua partisipan mengalami stres pada saat proses pembelajaran di awal mereka bersekolah. Gejala fisiologis yang diperlihatkan kedua partisipan adalah perubahan raut wajah, menangis, berteriak, gugup, intensitas kencing yang meningkat dan menyakiti orang lain. Sedangkan gejala psikologis yang diperlihatkan kedua partisipan adalah ada rasa takut, kurang konsentrasi dan hipersensitivitas. Bentuk strategi coping kedua partisipanberbeda dalam mengatasi stres pembelajaran ketika di sekolah. Partisipan 1 (Na) menggunakan strategi Problem Focused Coping (strategi dengan cara menyelesaikan masalah yang dihadapi, sehingga individu segera terbebas dari masalahnya tersebut. dalam mengatasi stres pembelajaran). Sedangkan Ma menggunakan strategi Problem focused coping (strategi ini untuk meredakan emosi individu yang ditimbulkan oleh stressor (sumber stres), tanpa berusaha untuk mengubah suatu situasi yang menjadi sumber stres secara langsung).
2129847/SB/2018 | KKI 372 WUL s/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain