Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PGRI Lawang
Pemblajaran koopratif tipe Student Team Achievement Division STAD yang dikembangkan oleh Robert Selvin dan teman-temanya di universitas john Hopkin dalam (Selvin 2010), merupakan pemblajaran koopratif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakaan pemblajaran koopratif. Model Student Team Achievement Division STAD adalah model yang digunakan untuk memotivasi para siswa, mendorong dan membantu satu sama lain dan untuk menguasai keterampilan yang disajikan guru (Sohimin 2014), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan jenis penelitian Quasi Eksprimental menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Variabel bebas (X) adalah model pembelajaran STAD sedangkan variabel terikat (Y) hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS kelas X di SMA PGRI Lawang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh jadi semua anggota populasi dijadikan sampel. Peneliti menetapkan secara random kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17 siswa dan kelas XB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berupa pre test dan post test untuk mengetahui hasil belajar. Uji instrumen tes berupa uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari signifikansi 0,013 (0,013
2129844/SB/2018 | KKI 910 EFO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain