Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PGRI Lawang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PGRI Lawang

Efodius - Nama Orang; Ika Meviana, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd, M.Si - Nama Orang;

Pemblajaran koopratif tipe Student Team Achievement Division STAD yang dikembangkan oleh Robert Selvin dan teman-temanya di universitas john Hopkin dalam (Selvin 2010), merupakan pemblajaran koopratif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakaan pemblajaran koopratif. Model Student Team Achievement Division STAD adalah model yang digunakan untuk memotivasi para siswa, mendorong dan membantu satu sama lain dan untuk menguasai keterampilan yang disajikan guru (Sohimin 2014), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan jenis penelitian Quasi Eksprimental menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Variabel bebas (X) adalah model pembelajaran STAD sedangkan variabel terikat (Y) hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS kelas X di SMA PGRI Lawang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh jadi semua anggota populasi dijadikan sampel. Peneliti menetapkan secara random kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17 siswa dan kelas XB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berupa pre test dan post test untuk mengetahui hasil belajar. Uji instrumen tes berupa uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari signifikansi 0,013 (0,013


Ketersediaan
2129844/SB/2018KKI 910 EFO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 EFO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik