Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dapat Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IXC SMP Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dapat Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IXC SMP Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang

Oristo Lende Ghega - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah., S.Pd, M.Pd. - Nama Orang; Mustika Arif Jayanti, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang melalui model pembelajaran cooperative script. Faktor yang diduga sebagai faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial antara lain adalah penggunaan media pembelajaran yang konvensional sehingga tidak dapat membantu pemahaman siswa dan kurang memahami materi, hal ini disebabkan karena dalam proses siswa kurang dilibatkan dalam situasi optimal untuk belajar, pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan klasikal. Tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model Cooperative Script.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative script dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan. Model pembelajaran ini adalah metode sederhana yang dapat dipakai untuk mempraktekkan suatu ketrampilan atau produser dengan teman belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IX C SMPN 1 Gondanglegi, terlihat dari keadaan sebelum menggunakan model cooperative script pra siklus terdapat 8 orang siswa yang berbincang dengan temannya, 6 orang siswa sedang berada diluar kelas, 12 orang siswa memperhatikan penjelasan guru namun tidak merespon saat diberikan pertanyaan oleh guru, dan 8 orang siswa lainnya aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS yang ditandai adanya komunikasi timbal balik antar guru dengan siswa. Dari data hasil observasi awal penelitian, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa berada dalam kategori motivasi rendah. Setelah menggunakan model cooperative script pada siklus I dan siklus II observasi motivasi belajar siswa berdasarkan lima indikator penilaian terjadi peningkatan. Perolehan skor pada indikator kemampuan siswa untuk bertanya pada siklus I 9 siswa dan Siklus II 18 siswa, pada indikator kemampuan menjawab pertanyaan pada siklus I 10 siswa dan siklus II 19 siswa, pada indikator ikut berdiskusi mencari solusi pada siklus I 14 siswa dan siklus II 22 siswa, pada indikator mencari informasi dan memecahkan masalah pada siklus I 11 siswa dan siklus II 22 siswa dan pada indikator memperhatikan peresentasi antar kelompok pada siklus I 15 siswa dan siklus II 21 siswa. Pada hasil angket motivasi yang berdasarkan angket pada siklus I sebanyak 20 siswa dan siklus II sebanyak 26 siswa yang termotivasi, dan terdapat 4 siswa yang sangat termotivasi dalam siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran cooperative script siswa dapat termotivasi dalam pembelaajaran IPS.


Ketersediaan
2129832/SB/2018KKI 910 GHE p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 GHE p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 111 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Skripsi
Model cooperative script
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik