Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIIIF SMP Negeri 2 Wagir Malang
Permasalahan yang ada di kelas VIII F adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal pada tanggal 4 November 2017 diketahui bahwa dari 27 siswa hanya 8 siswa yang motivasinya dikategorikan tinggi, 4 siswa kategori sedang, dan 15 siswa dengan kategori sangat rendah. Hasil belajar dari 28 siswa hanya 11 siswa yang nilainya memenuhi KKM dan 16 siswa lainnya di bawah KKM dengan nilai rata-rata 67,22 dan persentase 40,74%. KKM yang ditentukan oleh sekolah adalah 75.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII F IPS SMP Negeri 2 Wagir Malang Tahun ajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Ruang lingkup penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F IPS SMP Negeri 2 Wagir Malang yang terdiri dari 27 siswa dengan jumlah 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan tes tulis.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Wagir. Besarnya motivasi siswa pada Siklus I yaitu, dengan kriteria sangat tinggi 7 siswa, kriteria tinggi 5 siswa, kriteria sedang 6 siswa, kriteria rendah 8 siswa, dan kriteria sangat rendah 1 siswa. Motivasi belajar untuk Siklus II yaitu dengan kriteria sangat tinggi 21 siswa, kriteria tinggi 4 siswa, dan kriteria sedang 2 siswa . Hasil belajar siswa dari 74,07% pada Siklus I menjadi 93% pada Siklus II. Rata- rata hasil belajar siswa meningkat dari 74 pada Siklus I menjadi 84 pada Siklus II.
Berdasarkan hasil pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VIII F SMP Negeri 2 Wagir Malang. Saran yang yang disampaikan yaitu: (1) bagi sekolah, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, (2) bagi guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, (3) bagi siswa, untuk meningkatkan motivasi dan hasi belajar IPS, dan (4) bagi peneliti selanjutnya, untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan materi yang berbeda.
2129831/SB/2018 | KKI 910 LON p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain