Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning in Science Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri Singosari Kabupaten Malang
Children Learning In Science (CLIS) merupakan model pembelajaran yang berusaha untuk mengembangkan gagasan siswa tentang suatu permasalahan dalam pembelajaran serta merekonstruksi gagasan berdasarkan hasil pengamatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kelas VII di SMP Negeri 6 Singosari Kabupaten Malang. Rancangan penelitian ini terdapat 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sebelum diberi perlakuan kedua kelompok ini yaitu kelompok eksperimen model Children Learning In Science (CLIS) dengan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional) terlebih dahulu diberikan pre-test dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Semu (Quasi Eksperimen Design) dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singosari Kabupaten Malang yang terdiri dari 7 kelas, kemudian diadakan pengambilan sampel yaitu diambil kelas VII B 30 siswa dan VII D 30 siswa atas dasar memiliki nilai rata-rata yang sama. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII B dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII D.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 34,2 dan rata-rata gain score hasil belajar kelas kontrol yaitu sebesar 28,43. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari pada gain score kelas kontrol. Hasil analisis uji One Samples t-Test kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 19,16 dengan signifikan 0,000 dan hasil analisis uji t kelas eksperimen diperoleh nilai thitung = 20,55, dengan signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model Children Learning In Science (CLIS) dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singosari Kabupaten Malang dan ada pengaruh yang signifikan antara model Children Learning In Science (CLIS) (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).
2129828/SB/2018 | KKI 910 NUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain