Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Solor Selatan
Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, merespon, saling membantu, bekerja secara individu, dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas X SMA Negeri 1 Solor Selatan melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Solor Selatan kelas Xc berjumlah 31 siswa dengan jumlah laki-laki 11 dan perempuan 21 yang sedang mengikuti pelajaran pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.
Rancangan penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggart. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian pada siklus I presentase hasil belajarnya 38,70% , rata-rata 66,74 dengan kategori baik. Siklus II presentase hasil belajarnya 90,32%, rata-rata 88,74 dengan kategori sangat baik. Disimpulkan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran yang diberikan kepada guru geografi SMA Negeri 1 Solor Selatan agar dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa
2129827/SB/2018 | KKI 910 HER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain