Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Pakem Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP PGRI 01 Singosari
Pembelajaran PAKEM merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan proses daripada hasil. Pembelajaran PAKEM adalah: menyajikan masalah dalam bentuk umum, penyajian kembali masalah dalam bentuk operasional, menentukan strategi penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah, dan melihat kembali penyelesaian.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP PGRI 01 Singosari melalui pembelajaran PAKEM berbasis eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan tekanan hidrostatis, hukum pascal, dan pada siklus II pada pokok bahasan tekanan pada zat cair, benda tenggelam, terapung dan melayang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dikelas VIII-B SMP PGRI 01 Singosari. Subyek dalam penelitian ini kelas VIII-B SMP PGRI 01 Singosari berjumlah 37 siswa.
Berdasarkan analisis penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 79,50% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 92,50% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari presentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 72,03% berada pada kualifikasi baik sedangkan pada siklus II adalah 91,51% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari data presentase keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model pembelajaran PAKEM berbasis eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa ini dapat dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 76,48% berada pada kualifikasi baik sedangkan pada siklus II adalah 88,37% baik. Dilihat dari ketuntasan prestasi belajar pada siklus I adalah 70,27% dan siklus II adalah 91,89% mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran PAKEM berbasis eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII-B SMP PGRI 01 Singosari.
2129822/SB/2018 | KKI 372 SAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain