Electronic Resource
Pengaruh Model Inkuii Terbimbing Berbantuan Media Lego Terhadap Prestasi Belajar Materi Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Di SDN Mendalanwangi Kecmatn Wagir Kabupaten Malang
Berdasarkan hasil observasi di SDN Mandalanwangi 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, pada saat pembelajaran di kelas guru menggunakan model pembelajaran ceramah tanpa adanya media pembelajaran, sehingga siswa kurang berkonsentrasi dan tidak mampu berperan aktif pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri terbimbing berbantuan media lego terhadap pretasi belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanya 49 siswa, dengan jumlah masing – masing kelas sebanyak 26 siswa untuk kelas IV A dan 26 siswa untuk kelas IV B. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah lembar test esai. Dan teknik analisi data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari uji analisis data penelitian ini berdasarkan uji t (Independent Sample t-test). Hasil dari analisis uji hipotesis yang menggunakan data posttest pada uji t analisa yang diketemukan thitung (-305) dan signifikan (α = 0,050), signifikan (α = 0,050) diperoleh (0,039 < 0,050).
Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan rata –rata nilai posttest siswa antara kelas control dan kelas eksperimen hasil penelitan sehingga ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media Lego terhadap prestasi belajar materi bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD, diharapkan guru lebih meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas dalam menggunakan model dan media.
2129816/SB/2018 | KKI 372 MIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain