Electronic Resource
Pelayanan Pendidikan Moral Dalam Membentuk Karakter Anak Autis Di UPT Layanan Pendidikan ABK (Studi Kasus Di UPT Layanan Pendidikan ABK Jl.Tlogowaru Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang Provinsi Jawa timur
Autis adalah suatu kondisi seseorang yang tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal dengan orang lain. Hal ini mengakibatkan anak yang menderita autis terisolasi dari dunia luar. Untuk dapat mengatasi keautisannya maka anak dapat dibantu dengan program terapi khusus serta pendidikan. Pendidikan moral juga dibutuhkan anak autis sebagai sarana untuk membentuk karakter anak autis, sehingga anak autis dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain, dan melakukan aktivitas secara mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Dengan jenis penelitian studi kasus maka peneliti dapat menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas proses dari kelompok maupun individu berdasarkan prosedur pengumpulan data yang telah ditentukan. Data dikumpulkan menggunakan teknik triangulasi yaitu wawancara kepada tujuh informan, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pelayanan pendidikan moral dalam membentuk karakter anak autis yang religius, disiplin, mandiri dan bersahabat/komunikatif. Pendidikan yang diperoleh anak autis juga harus didukung dengan terapi yang rutin, dan membutuhkan peran orang ketiga untuk membantu mengarahkannya, dengan menggunakan media belajar seperti gambar gambar visual (visual suport). Pendidikan moral yang diberikan juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik dari setiap anak autisnya. Setiap kendala-kendala yang dihadapi oleh terapis dapat teratasi jika orangtua anak autis dan pihak luar lainnya dapat mendukung setiap program yang diadakan di UPT, sehingga baik itu pendidikan maupun terapi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik.
2129792/SB/2018 | KKI 371.114 NGO d/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain