Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan di Kelas II SDN Tutur 1 Kabupaten Pasuruan

Electronic Resource

Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan di Kelas II SDN Tutur 1 Kabupaten Pasuruan

Wahyu Anisa - Nama Orang; Dr. I Ketut Suastika, M.Si. - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan observasi, media yang beredar saat ini ternyata masih belum
tepat untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan. Sehingga penelitian ini bermaksud mengembangkan media pembelajaran Puzzle yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Puzzle dan menghasilkan produk media pembelajaran Puzzle untuk pembelajaran matematika.
Media Puzzle ini dikembangkan pada mata pelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang meliputi (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Instrument yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli pembelajaran matematika, ahli maedia pembelajaran, guru dan peserta didik untuk di ujikan.
Hasil penelitian berupa media papan Puzzle yang dilengkapi dengan potongan lambang-lambang perbandingan angka dan potongan angka sampai angka 400, serta penyangga papan Puzzle, dan kotak penyimpanan potongan angka. Berdasarkan validasi yang dilakukan, menurut ahli pembelajaran matematika dengan persentase total 90,27% kualifikasi sangat valid, ahli media pembelajaran dengan persentase total 84,72% dengan kualifikasi cukup valid, ahli pengguna dengan persentase total 98,33% dengan kualifikasi sangat valid. Persentase kepraktisan yang diperoleh dari respon siswa sebagai calon pengguna adalah 88,66% dengan kualifikasi sangat praktik serta keefektifan dengan persentase total 89,18% sehingga dinyatakan valid dan layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Puzzle memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Ketersediaan
2129768/SB/2018KKI 372 ANI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ANI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 97 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pengembangan
Skripsi
Puzzle
membandingkan
mengurutkan bilangan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik