Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan di Kelas II SDN Tutur 1 Kabupaten Pasuruan
Berdasarkan observasi, media yang beredar saat ini ternyata masih belum
tepat untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan. Sehingga penelitian ini bermaksud mengembangkan media pembelajaran Puzzle yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Puzzle dan menghasilkan produk media pembelajaran Puzzle untuk pembelajaran matematika.
Media Puzzle ini dikembangkan pada mata pelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang meliputi (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Instrument yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli pembelajaran matematika, ahli maedia pembelajaran, guru dan peserta didik untuk di ujikan.
Hasil penelitian berupa media papan Puzzle yang dilengkapi dengan potongan lambang-lambang perbandingan angka dan potongan angka sampai angka 400, serta penyangga papan Puzzle, dan kotak penyimpanan potongan angka. Berdasarkan validasi yang dilakukan, menurut ahli pembelajaran matematika dengan persentase total 90,27% kualifikasi sangat valid, ahli media pembelajaran dengan persentase total 84,72% dengan kualifikasi cukup valid, ahli pengguna dengan persentase total 98,33% dengan kualifikasi sangat valid. Persentase kepraktisan yang diperoleh dari respon siswa sebagai calon pengguna adalah 88,66% dengan kualifikasi sangat praktik serta keefektifan dengan persentase total 89,18% sehingga dinyatakan valid dan layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Puzzle memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
2129768/SB/2018 | KKI 372 ANI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain