Electronic Resource
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang masih dibawah KKM. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang dilakukan guru cenderung bersifat monoton, tidak menarik bagi siswa dan membosankan bagi siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti mencoba menerapkan pendekatan matematika realistik sebagai pendekatan yang dapat memperbaiki pembelajaran matematika dikelas. Objek matematika merupakan sesuatu yang abstrak sehingga guru matematika harus mampu mengkongkritkan objek matematika yang abstrak agar mudah dipelajari siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti membuat rancangan pendekatan pembelajaran yang menjadikan siswa terlibat aktif dengan mendekatkan matematika dengan lingkungannya, yaitu dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Pembelajaran Realistic Mathematic Education mengutamakan pengenalan konsep melalui masalah kontektual, hal-hal yang konkrit atau dari lingkungan siswa dengan proses matematisasi oleh siswa dengan mengkonstruksikan idenya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek yaitu kelas VII C yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebanyak 21 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 tindakan dan siklus II terdiri dari 2 tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Realistic Mathematic Education terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII C SMP Penerbangan Angkasa Singosari pada materi himpunan. Hal ini dapat ditunjukan dari skor rata-rata pada observasi awal, siklus I dan siklu II berturut-turut (43,55, 67,90 dan 81,23) dan ketuntasan belajar klasikal pada observasi awal, siklus I dan siklus II berturut-turut 21,90%, 47,61%, dan 83,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII C SMP Penerbangan Angkasa Singosari. Dalam pembelajaran Realistic Mathematic Education, guru hendaknya lebihmengoptimalkan perannya sebagaimediator dan fasilitator agar siswamenjadi lebih antusias dalam proses pembelajaran dan dalam pemberian masalah, guru juga harus mempertimbangkan kemampuan siswa di kelas agar siswa dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2129750/SB/2018 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain