Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wagir Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan minat siswa yang diajar melalui media pembelajaran ular tangga (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa yang diajar melalui modia pembelajaran ular tangga (3) mengetahui interaksi antara modia pembelajaran ular tangga terhadap prestasi belajar IPA siswa yang dilakukan di VII SMP 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan dengan rancangan membuat ular tangga .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan minat belajar siswa di setiap aspek kognitif yang di ukur dalam penelitian dengan menggunakan modia pembelajaran Uular tangga dengan siswa yang menggunakan modia pembelaran konvensional dengan nilai Fhitung > Ftabel {52,87 > 3.93} pada taraf signifikansi 0, 05; (2) adanya perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai Fhitung > Ftabel {52,45 > 3,93} pada taraf signifikansi 0, 05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi dan motivasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel {52,49 > 3,93} pada taraf signifikansi 0, 05.
Dengan demikan, disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle memberikan dampak positif terhadap motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa yaitu motivasi dan prestasi belajar fisika siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Begitu pun interaksi antara model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan motivasi belajar siswa memberi peningkatan terhadap prestasi belajar Fisika siswa. Model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terbukti mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa. Oleh karena itu, sekiranya dapat digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga tujuan pembelajaran fisika dapat dicapai dengan optimal.
2129743/SB/2018 | KKI 530 BRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain