Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas X SMKN 1 Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas X SMKN 1 Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018

Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang; Enjelia Bili Lalo - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri sebuah konsep dengan adanya bimbingan dan arahan dari guru yang menuntun siswa dalam proses penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan sikap ilmiah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir analisis siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Singosari sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAB1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X TAB2 sebagai kelas eksperimen. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data sikap ilmiah dikumpulkan melalui observasi, sedangkan data berpikir analisis siswa diperoleh dengan menggunakan tes tertulis yang dilakukan di akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anova dua jalur dan taraf signifikansi 5% menggunakan MS.Excel2 016.
Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis diperoleh data dimana model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dengan hasil uji hipotesis F hitung 55.28 > F tabel 3.94. Terdapat pula pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analisis siswa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan nilai F hitung 53.27 > F tabel 3.94 dan terdapat pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan nilai F hitung 51.13 > F tabel 3.93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan berpikir analisis siswa. Dalam meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran, untuk materi fisika yang memiliki karakteristik sama dengan materi listrik statis dan dinamis disarankan untuk menggunakan model pembelajarann inkuiri terbimbing.


Ketersediaan
2129738/SB/2018KKI 530 LALPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 LAL
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xi, 115 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
berpikir kritis
Sikap Ilmiah
Inkuiri Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik