Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Ajaran 2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran learning cycle 5e dapat meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya Kemmis dan Tanggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Bululawang sebanyak 30 orang. Pengambilan data kerja ilmiah melalui observasi dan prestasi melalui tes. Hasil analisis dalam penelitian melalui mereduksi data, peenyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5e dapat meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase keterlaksanaan pembelajaran dan kerja ilmiah siswa terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II. Presentase prestasi belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 63,33% dan 76,67%. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 43,33%, 63,33%, dan 76,67%
2129732/SB/2018 | KKI 530 MAK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain