Electronic Resource
Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye
Kata Kunci: kepribadian, tokoh utama, novel, psikologi humanistik Abraham Maslow.
Penelitiaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam novel”Rembulan Tenggelam Diwajahmu” karya Tere Liye, yakni (1) kebutuhan fisiologis tokoh utama , (2) kebutuhan keamanan tokoh utama , (3) kebutuhan
cinta kasih tokoh utama, (4) kebutuha harga diri tokoh utama, (5) kebutuhan aktualisasi diri tokoh utama, (6) motif kekurangan tokoh utama, (7) motif pertumbuhan tokoh utama. Tokoh utama yang menjadi obyek penelitian dalam novel ini adalah Rehan atau biasa disebut dengan Ray.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif kualitatif. Metode kualitatif akan menghasilkan data-data yang berwujud uraian atau pernyataan. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi, yaitu dialog percakapan antar tokoh atau penjelasan
pengarang dalam novel.
Teknik penelitian yang dilakukan terbagi menjadi 3 tahap, yakni teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data dan teknik analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan memahami keseluruhan isi novel, kemudian mengidentifikasi data dengan memberikan tanda pada kalimat yang menjadi bahan penelitian. Selanjutnya tahap pengolahan data dilakukan dengan melakukan reduksi data, mengklasifikasikan data dan memberikan kode pada setiap data. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan metode penafsiran, data yang dianalisis akan disajikan dalam bentuk tabel dan diinterpretasikan
dalam bentuk paragraf.
Hasil peneltian ini adalah kepribadian tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere Liye, yang berupa (1) kebutuhan fisiologis tokoh utama, (2) kebutuhan keamanan tokoh utama, (3) kebutuhan cinta kasih tokoh utama, (4) kebutuhan
harga diri tokoh utama, (5) kebutuhan aktualisasi diri tokoh utama, (6) motif kekurangan tokoh utama dan, (7) motif pertumbuhan tokoh utama.
Sebagai akhir dalam penelitian ini disampaikan beberapa saran. (1) Bagi guru, dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai pembelajaran sastra. (2) Bagi peneliti selanjutnya, dapat dimanfaatkan sebagai motivasi dan referensi dalam penelitian sastra Indonesia. (3) Bagi pembaca, dapat dijadikan salah satu wawasan dalam memahami salah satu karya sastra.
2129688/SB/2018 | KKI 410 WAH k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain