Electronic Resource
Pengaruh Model Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA SDN 3 Ringin Kembar Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2017/2018
Kegiatan pembelajaran IPA di jenjang sekolah dasar seringkali mengalami hambatan sehingga berdampak pada motivasi belajar IPA kelas IV SDN 3 Ringin Kembar Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian no equivalent control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu Kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 23 siswa. Penilaian motivasi belajar menggunakan angket dan dibantu dengan menggunakan pretest dan postest yang telah divalidasi dan uji reliabilitas. Analisis yang digunakan untuk uji hipotesis adalah T-Tes (Pretest-postest). Hasil analisis regresi linier sederhana nilai koefisien Determinasi (R Square) Besarnya 0,157 yang memiliki makna Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Audio Visual memberikan kontibusi sebesar 15,7% terhadap motivasi belajar siswa, didukung dengan nilai rata-rata awal kelas eksperimen sebesar 61,59 dan rata-rata nilai akhir sebesar 89,54 dengan selisih nilai sebesar 27,95. Hasil tersebut menunjukan ada perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan pada mata pelajaran IPA yang pembelajarannya menggunakan model Two Stay Two Stray ( TSTS) Berbantuan Media Audio Visual terhadap motivasi belajar siswa dengan demikian model pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS) berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa.
2129671/SB/2018 | KKI 372 LES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
2129672/PB/2018 | KKI 372 LES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain