Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inquery Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Inquery Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang

Selfiana Nurbaya - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M.Pd - Nama Orang;

Inquiry merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis,
logis, analisis, sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuanya dengan penuh percaya diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kelas VII di SMP Negeri 17 Malang. Rancangan penelitian ini terdapat 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen design) dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari 7 kelas, kemudian diadakan pengambilan sampel yaitu diambil kelas VII B 30 siswa dan VII D 30 siswa atas dasar memiliki nilai rata-rata yang sama. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII B dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII D.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 33,53 dan rata-rata gain score hasil belajar kelas kontrol yaitu sebesar 28,93. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari pada gain score kelas kontrol. Hasil analisis uji One Samples t-Test kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 17,68 dengan signifikan 0,000 dan hasil analisis uji t kelas eksperimen diperoleh nilai thitung = 20,79, dengan signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model Inquiry dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang dan ada pengaruh yang signifikan antara mode Inquiry (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).


Ketersediaan
2129661/SB/2018KKI 910 NUR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 NUR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 82 hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Inquiry
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik