Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK Negeri 10 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kualitas keterlaksanaan model Problem Based Learning, 2) mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMK Negeri 10 Malang berdasarkan tahapan Polya kemudian memberikan soal berupa tes tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analsis data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 10 Malang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dari 68,33% meningkat menjadi 91,67%.Berdasarkan hasil peelitian tersebut, maka peneliti menyarankan supaya guru menggunakan model Problem Based Learning (PBL) secara konsisten karena telah terbukti kebehasilannya terhadap kemampau pemecahan masalah fisika siswa SMK Negeri 10 Malang.
2129641/SB/2018 | KKI 530 MES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain