Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA-1 SMAk Fetera Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA-1 SMAk Fetera Malang

Linda Marta Maukari - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S. Si., M. Si - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S. Si., M. Si. - Nama Orang;

Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas X IPA-1 SMAK Frateran Malang bahwa pembelajaran masih lebih didominasi guru dengan menggunakan model pembelajaran yang menekankan pada satu metode yaitu cerama, tanya jawab dan sesekali demonstrasi saja. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menstimulus peserta didik memiliki keterampilan memecahkan masalah, mampu mengembangkkan kemampuan dan karakter seperti berpikir kritis, mandiri, mengaplikasikan pengetahuan baru untuk suatu permasalahan serta merefleksi apa yang telah dipelajari. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dengan model PBL, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa serta untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan Dinamika Partikel. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018 di kelas X IPA-1 SMAK Frateran Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa. Berdasarkan analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL pada siklus I yaitu 82,1%, dan pada siklus II yaitu 93,3%. Rata-rata indikator berpikir kritis siswa pada siklus I adalah 71,5% dan pada siklus II adalah 80,1%. Sedangkan nilai ketuntasan belajar sebelum diberikan tindakan adalah 62,1%, pada siklus I adalah 72,4% dan pada siklus II adalah 93,1%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X IPA-1 SMAK Frateran Malang


Ketersediaan
2129640/SB/2018KKI 530 MAU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAU p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 142hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
berpikir kritis
Skripsi
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik