Electronic Resource
Perbedaan Hasil Belajar Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Dengan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Di Kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) (2) Mengetahui adakah perbedaan penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperimen). Variabel bebas adalah model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar.
Hasil analisis Uji-t diperoleh thitung = 7,864 sedangkan ttabel = 1,988 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000, yang artinya Ada perbedaan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R).
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan berdasarkan Uji hipotesis-t (independent sampel t-test) dengan taraf signifikan 0,05% menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa Ada perbedaan hasil belajar model pembelajaran model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R).
2129633/SB/2018 | KKI 372 HIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain