Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Manajemen Pembelajaran Kooperatif Tif Tipe Stad (Students Team-Achievements Divisions) Di Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus Pada Siswa Kelas IV Di SD Kota Malang)

Electronic Resource

Manajemen Pembelajaran Kooperatif Tif Tipe Stad (Students Team-Achievements Divisions) Di Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus Pada Siswa Kelas IV Di SD Kota Malang)

Ely Rohmantika - Nama Orang; Yulianti, S.Pd.I., M.Pd - Nama Orang; Dr. Ir. Agustinus Hermino, M.Pd. - Nama Orang;

Berhasil tidaknya suatu pembelajaran yang dilakukan guru tidak lepas dari manajemen pembelajaran yang baik. Manajemen pembelajaran menurut (Triwiyanto, 2015: 37) suatu pemanfaatan sumber daya pembelajaran yang ada, baik faktor luar ataupun diri individu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efisien. Pendekatan penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam kategori penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi kasus. Metode pengumpulan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisa data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas.
Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) pada tahap perencanaan, guru melakukan penyusunan silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan juga alat peraga yang akan digunakan. (2) tahap pengorganisasian sudah dilakukan sesuai dengan wewenang dan tanggungjawab yang diberikan. (3) pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilakukan oleh guru kelas IV menyusun skenario pelajaran yang mencakup pembukaan, inti serta penutup pelajaran. (4) pada tahap evaluasi pembelajaran, guru dalam mengevaluasi siswa dengan menggunakan tes lisan maupun tes uraian hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan masing-masing siswa. Dalam evaluasi guru juga mengadakan remidial bagi siswa yang nilainya belum mencapai target KKM, dan memberikan pengayaan bagi siswa yang mencapai KKM. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan untuk manajemen pembelajaran kooperatif tipe STAD di ketiga sekolah dasar selalu melakukan kegiatan evaluasi, supervisi dari perencanaan hingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara kontinue, yang nantinya hasil dari evaluasi tersebut dapat dilakukan pertimbangan pada pembelajaran selanjutnya.


Ketersediaan
2129623/SB/2018KKI 372 ROH m/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ROH m/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 344 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Manajemen Pembelajaran
Kooperatif STAD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik