Electronic Resource
Meningkatkan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life Peserta Didik Kelompok A di TK Muslimat NU 09 Malang
Kemandirian merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki setiap individu dan anak yang mempunyai konsep diri, penghargaan terhadap diri sendiri dan mengatur diri sendiri. Proses kegiatan belajar mengajar pada peserta didik harus dilakukan secara menyenangkan dalam setiap pembelajaran. Proses pembelajaran harus diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup. Menyikapi hal ini, guru merasa perlu untuk merencanakan kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kemandirian peserta didik. Practical life adalah suatu kegiatan kehidupan sehari-hari secara langsung dalam proses pembelajaran pembekalan ketrampilan hidup pada anak usia TK dan dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik, konsentrasi, kemandirian yang mencakup kepada kegiatan dan aktivitas kegiatan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan kegiatan pembelajaran practical life untuk meningkatkan kemandirian peserta didik kelompok A TK Muslimat NU 09 Malang 2) Mendiskripsikan kegiatan pembelajaran practical life dapat meningkatkan kemandirian peserta didik kelompok A TK Muslimat NU 09 Malang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model Kemmis Taggart, yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok A sebanyak 19 anak di TK Muslimat NU 09 Malang.
Hasil analisis pada siklus I di pertemuan pertama 64,4% dan pada pertemuan kedua 69,4%, siklus II pertemuan pertama 73,8% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 83,8%. Maka terjadi peningkatan presentase kemandirian melalui kegiatan pembelajaran practical life pada setiap siklus dan menunjukkan ketuntasan.
Kesimpulan penelitian ini bahwa, kegiatan practical life dapat meningkatkan kemandirian peserta didik Kelompok A TK Muslimat NU 09 Malang. melalui kegiatan ini, anak mendapatkan pengalaman bermakna dan melakukan banyak hal dalam melakukan keterampilan hidup sebagai bekal kemampauan hidup yang penting di kemudian hari. Saran bagi guru kegiatan practical life dapat dijadikan bahan referensi untuk menentukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian peserta didik. Bagi lembaga PAUD sebagai bahan referensi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan pembelajaran yang tepat. Bagi peneliti lain sebagai salah satu sumber pengetahuan untuk mengembangkan penyusunan penelitian selanjutnya.
2129621/SB/2018 | KKI 372 MUR m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain